Skip to main content

Kabel Jaringan Komputer

Pada era saat ini mungkin kita sudah tidak heran lagi dengan yang namanya jaringan komputer berbasis wireless atau biasa disebut dengan jaringan nirkabel. Memang dapat diakui bahwa jaringan Nirkabel ini sangat praktis karena kita tidak perlu menggunakan instalasi kabel yang memang terlihat lebih ribet. Akan tetapi penggunaan Jaringan menggunakan kabel juga masih sangat familiar di kehidupan kita.
Kabel jaringan sendiri ada beberapa jenis. Kabel jaringan yang sering digunakan umumnya ada 3 jenis yakni:

1. Kabel TP (Twisted Pair)
Sesuai dengan namanya kabel ini memiliki bentuk berpasangan yang saling berlilitan membentuk sebuah spiral.  Untuk saat ini kabel TP adalah kabel jaringan yang banyak sekali digunakan. biasanya digunakan untuk membangun sebuah jaringan lokal seperti sekolahan atau perusahaan. Kabel twisted pair sendiri memiliki beberapa jenis yang umum digunakan yakni:


SHIELDED TWISTED PAIR (STP)

Sesuai dengan namanya kabel ini memiliki pelindung  di dalam lapisan kabelnya. Bahan yang digunakan untuk melapisi susunan kabel twisted pairnya sangat baik. STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal Noise dan gangguan yang bersifat magnetic. Kabel jenis ini memiliki kualitas yang paling baik diantara jenis kabel TP, akan tetapi harganya juga sangat mahal.


FOILED TWISTED PAIR (FTP)
Sesuai dengan namanya FTP memiliki lapisan pelindung berupa Aluminium Foil. Kabel ini juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal Noise dan gangguan magnetic. Kabel jenis ini
memiliki kualitas di bawah STP.

UNSHIELDED TWISTED PAIR

Sesuai dengan namanya kabel twisted pair ini tidak memiliki bagian pelindung di kabel bagian dalamnya. Dikarenakan tidak memiliki bagian pelindung maka kabel jenis ini sangat sensitif dan rentan terhadap arus listrik dan gangguan magnetic. kabel jenis ini umum digunakan pada jenis jaringan yang ruang lingkupnya kecil. Selaih harganya yang relatif murah, kabel jenis ini mudah sekali ditemukan dipasaran.
2. Kabel COAXIAL 

Jenis kabel ini digunakan untuk jaringan model klasik. Untuk saat ini kabel jenis ini sudah jarang di gunakan untuk membangun sebuah jaringan. Terdirii atas kawat tembaga, yang dilapisi oleh isolator, konduktor, dan dibagian luar dilindungi dengan menggunakan bahan PVC. Kalau dilihat dari bentuk fisiknya kabel jenis ini mirip seperti kabel antena televisi. Kabel coaxial digunakan pada jaringan yang memiliki topologi BUS dan Ring. Kabel ini sudah mulai ditinggalkan dalam penggunaannya karena kurang fleksibel, jangkauannya yang sangat terbatas dan transmisi data yang sangat terbatas.

3. Kabel FIBER OPTIC (FO)

Fiber Optic merupakan kabel dengan materi utama berupa serat-serat kaca dengan ukuran yang sangat kecil dan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan kabel jenis Twisted Pair. Fiber Optic digunakan untuk membangun jaringan dengan transmisi data yang cukup tinggi. kabel FO memiliki keunggulan yang lebih jika dibanding dengan kabel yang lain seperti: mampu mentrasmisikan data dengan kecepatan tinggi, tahan terhadap gelombang radio, lebih fleksibel, dan dapat mentransmisikan cahaya.

Demikian artikel tentang jenis kabel jaringan yang sering digunakan. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Kritik dan saran sangat saya butuhkan untuk kemajuan dimasa yang akan mendatang. kalau ada yang mau menambahkan silahkan masukan ke kotak komentar. Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Topologi Jaringan Ring

Ring Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak. Karakteristik Topologi Ring :

SOAL LATIHAN US BAGIAN 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada lembar jawaban !! 1. Tiga syarat penting dalam membuat blog di bawah ini benar, kecuali: a. Punya email b. Memasukkan nama blog c. Memilih tempelate d. Memasukkan foto 2. Internet pada awalnya disebut dengan: a. Intranet b. Network c. Computer network d. ARPAnet 3. Berikut ini merupakan kelebihan internet, kecuali: a. Sumber informasi yang tidak terbatas b. Dapat mengirimkan informasi dengan cepat c. Sarana komunikasi yang murah d. Biaya aksesnya mahal 4. Aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik disebut: a. Email b. Ghoper c. WWW d. Telnet 5. Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah: a. WWW b. Milis c. Newsgroup d. FTP 6. Sinyal Wifi masih dapat ditangkap dengan radius .. dari titik akses a. 100 m b. 150m c. 1 km d. 5 km 7. Perangkat berikut terdapat pada sebuah hotspot Wifi, kecuali:

Komunikasi Data dan Keamanan Data dalam Jaringan Komputer

Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer Komunikasi Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik jaringan lokal (LAN) maupun jarinagn yang lebih luas seperti Internet. Dalam pengiriman data, data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirimkan dalam bentuk paket-paket data. Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol.  Protokol adalah aturan yang membuat 2 komputer saling mengerti satu sama lain. Salah satu protokol yang banyak digunakan adalah TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol). TCP/IP adalah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. TCP/IP mempunyai kelebihan yaitu dapat mengomunikasikan 2 komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP terdiri dari 4 lapis kumpulan protokol yang disebut layer yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu: a. Application Layer, berfungsi se